Makanan Khas Jawa Paling Populer

Indonesia memiliki kuliner khas tiap daerah, kita patut bangga karena menjadi bagian dari Indonesia, Salah satunya di pulai jawa ini.  meskipun sama sama jawa, tentu makanan di jawa tengah sangat berbeda dibandingkan dengan jawa timur dan jawa barat. Berikut kita bahas berbagai macam makanan khas jawa yang tentunya bisa menjadi referensi kuliner.

Makanan Khas Jawa Timur

Makanan Khas Jawa
Makanan Khas Jawa | Thepen

Bagi kita yang hobi  jalan – jalan atau punya rencana traveling ke jawa timur, akan sangat kurang jika tidak menikmati makanan khas Jawa Timur bukan? Apa saja ragam kuliner khas jawa timur yang wajib anda coba, antara lain.

1. Rujak Cingur

Rujak cingur adalah makanan khas Surabaya.dinamakan rujak cingur karena bahan utama rujak ini ialah potongan mulut sapi yang ditambahkan dengan berbagai jenis Buah-buahan. Anda akan menikmati rasa segar dan lezat jika menyantap rujak ini.

2. Rawon

Selain surabaya yang terkenal dengan makanan khas jawa timurnya, pasuruan juga punya makanan khas jawa yang sudah sangat terkenal yaitu rawon. Keunikan rawon ada pada kuahnya yang berbeda dari kuah lainya, kuah pada rawon berwarna hitam pekat,  warna hitam ini berasal dari kluwek yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan warna hitam pada kuah rawon.

3. Sego Tempong

Dilihat dari bahasanya biasanya diartikan sebagai nasi menampar, kenapa dinamai seperti itu, karena ketika kita makan nasi tempong aka nada sensai pedas yang menggigit pedasnya seperti ditampar. Nasi yang ditambhkan lauk pauk dan disiram sambal pedas ini berasal dari banyuwangi.

4. Rujak Soto

Dilihat dari namanya memang makanan ini memadukan dua makanan yang berbeda yaitu rujak dan soto. Bahanya sama persis ketika anda membuat soto dan rujak, hanya saja dua menu ini dijadikan satu.

Makanan Khas Jawa Barat

Makanan Khas Jawa Barat
Makanan Khas Jawa Barat | Thepen

Setiap oraang yang berasal dari daerah yang berbeda pasti meyukai makanan khas daerah masing-masing. Salah satu makanan dari jawa barat yang perlu anda nikmati antara lain:

1. Lotek

Lotek merupakan makanan khas jawa barat yang juga termasuk makanan khas jawa yang sangat dikenal masyarakat, ada beberapa masyarakat yang masih sering keliru antara lotek dan gado – gado, hanya saja lotek biasanya pakai terasi sedangkan gado-gado tidak.

2. Sega Jamblang

Bila dilihat sekilas tampilan sega jamblang memang hampir sama dengan sego lainya. Apabila pada umumnya nasi dibungkus dengan daun pisang maka sego jamblang ini harus di bungkus dengan daun jati. Cita rasa yang khas dan unik inilah yang membuat sego jamblang istimewa.

3.Karedok

Satu lagi makanan khas jawa  yang sangat mirip dengan pecel, yakni karedok. karedok menggunakan sayur yang tidak dimasak terlebih dahulu. Jadi Karedok ini semacam salad jawa atau salad tradisional.

Makanan Khas Pulau Jawa

Berbicara tentang pulau jawa memang selalu menjadi topik yang menarik, apalagi tentang kulinernya, ketika anda ada dijawa wajib mencoba makanan khas jawa yang sudah mendunia, dibawah ini ada beberapa makanan khas jawa yang wajib kita coba antara lain:

  1. Tahu petis

Jika kita jalan – jalan ke semarang sudah menjadi hal wajib kita mencicipi tahu petis. Makanan asli dari semarang ini selalu diburu wisatawan dan menjadi yang terfavorit. Rasa manis dan gurih petis ini sangat cocok dijadikan cemilan yang lezat bukan?

  1. Mendoan

Mendoan sudah tidak asing lagi ditelinga kita, terutama didaerah banyumas. Mendoan sangat digemari masyarakat karena proses pembuatanya  yang mudah dan rasanya yang lezat. Ditambah dengan cabe atau bumbu kacang akan menambah kelezatan gorengan khas tanah Jawa ini.

  1. Sambel Lethok atau Sambel Tumpang

Adalah sambel yang bahan utamanya dari tempe, rasanya yang enak sangat digemari masyarakat. Sambel lethok ini makanan khas dari Boyolali. Jadi jika berkunjung ke Boyolali, sempatkan mencicipi kuliner unik yang satu ini.

Ciri Khas Makanan Jawa Tengah

Berbicara ciri khas makanan khas jawa terutama Jawa Tengah, tentu berbeda dengan Jawa Timur dan Jawa Barat. Rasa makananya masih dipengaruhi oleh nenek moyang, rasa manis dan sedikit pedas dulu di kenalkan ke masyarakat oleh kerajaan Yogyakarta dan Surakarta. Sampai saat ini menjadi ciri khas masakan jawa bisa tetap anda rasakan.

Sumber :

  1. https://www.gotravelly.com/blog/makanan-tradisional-jawa/
  2. http://oknusantara.com/12-makanan-khas-jawa-detail-41858.html
  3. https://www.idntimes.com/food/dining-guide/reza-iqbal/7-makanan-khas-jawa-timur-yang-enak-dan-nikmat-1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *