Inilah Cara Bermain Game Android di PC

Pada zaman sekarang, game smartphone sudah menyajikan tampilan grafis yang keren. Di tambah dengan banyak pilihan game dengan keseruan yang menantang. Tak heran jika banyak orang yang betah berlama lama bermain game di smartphone-nya. Selain itu, game smartphone bisa dimainkan kapan saja dan dimana saja.

3 Cara Bermain Game Android di PC

cara bermain game android di pc
Cara Bermain Game Android di PC | Thepen

Walau bisa dimainkan dengan berbagai posisi, mulai dari berdiri, duduk hingga berbaring, namun adakalanya hal itu membuat anda letih. Ini karena ukuran layar smartphone tidak sebesar tv untuk playstation atau layar pc.  Lalu, pernahkah anda bertanya, apakah bisa game android dimainkan di PC?

Jika anda bertanya demikian, maka jawabannya adalah bisa. Cara bermain game android di PC adalah dengan menggunakan emulator. Emulator membuat PC anda bisa menjalankan program pada perangkat yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan ulasannya.

1. Carilah Software Emulator Android

Cara bermain game android di PC, pertama adalah mencari emulator android. Caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu searching  di google dengan memasukkan kata “emulator android untuk PC”. Bisa juga dengan langsung memasukkan nama emulatornya, contohnya adalah Bluestacks.

Setelah itu anda akan memasuki halaman dari situs Bluestacks. Anda tinggal mengklik unduh Bluestacks untuk Windows. Tunggulah hingga proses mengunduh selesai, lalu bukalah file unduhan tersebut. Langkah selanjutnya adalah menginstal Bluestacks dengan cara seperti cara menginstal pada umumnya.

2. Masukkan Akun Anda

Setelah Bluestacks terinstall, anda akan masuk ke dalam halaman yang berisi daftar aplikasi, yang kebanyakan adalah game android. Sebelum anda memankan game yang tersedia, anda akan diminta untuk memasukkan akun anda, seperti email. Setelah anda selesai memasukkan akun, anda baru bisa login.

Ketika berhasil login, anda sudah bisa memilih dan mengunduh game yang tersedia. Ya, game di emulator ini harus diunduh terlebih dahulu sebelum dimainkan. Setelah game yang anda pilih selesai terunduh, anda sudah bisa memainkan game android tersebut pada PC anda.

3. Mengganti Sistem Kendali Permainan

Sebelum anda memainkan game yang telah anda unduh, jangan lupa untuk mengganti sistem kendali permainan. Jangan sampai karena anda tidak sabar bermain game sampai melupakan hal ini. Karena biasanya sistem kendalinya tidak langsung sistem kendali PC.

Cara untuk mengganti sistem kendali permainan adalah klik icon keyboard di pojok kanan bawah. Jika tidak menemukannya coba perhatikan saat permainan sedang berjalan di pojok kanan bawah. Untuk game jenis MOBA ada dua jenis sistem kendali, yaitu sistem kendali ala MOBA atau sistem kendali WASD ala PC.

Cara Bermain Game Android di PC Menggunakan Koplayer

Cara Bermain Game Android di PC Menggunakan Koplayer
Cara Bermain Game Android di PC Menggunakan Koplayer | Thepen

Selain Bluestacks, ada juga emulator lain yang bisa anda gunakan, yaitu Koplayer. Jika dibandingkan dengan Bluestacks, Koplayer memakan RAM jauh lebih sedikit. Hal ini membuat anda bisa bermain game lebih lancar dibanding saat menggunakan Bluestacks. Berikut uraian cara bermain game android di PC dengan menggunakan Koplayer.

1. Kenali Spesifikasi Koplayer

Koplayer adalah software emulator untuk membantu pengguna memainkan game android di PC. Selain itu, Koplayer hanya memerlukan RAM kecil. Fitur- fitur yang disediakan diantaranya adalah support multiple accounts, video recording, gamepad & keyboard. Koplayer juga sudah memiliki Google Play Store dan hampir semua aplikasi dan game dapat digunakan.

Untuk menginstal Koplayer, anda hanya memerlukan RAM 512MB dengan HardDisk setidaknya 3GB. Resolusi sistemnya tidak boleh lebih dari 1024×768. Selain itu kartu grafis yang mendukung adalah OpenGL 2.0.

2. Cara Menginstal dan Menggunakan Koplayer

Langkah pertama adalah dengan mendownload terlebih dahulu Koplayer. Setelah itu anda bisa menginstall Koplayer seperti biasanya. Usahakan saat menginstall, anda memilih tempat yang masih memiliki banyak ruang kosong. Hal ini dikarenakan ukuran datanya akan semakin besar saat kamu semakin banyak mengunduh game.

Setelah selesai menginstal, silahkan anda masuk ke play store untuk login dengan menggunakan akun anda. Anda pun bisa memilih dan mengunduh game seperti play store di smartphone anda. Setelah game diunduh, anda pun bisa langsung memainkannya.

Demikianlah ulasan mengenai cara bermain game android di PC dengan menggunakan emulator. Di artikel ini disajikan dua emulator. Jika dua emulator tersebut kurang cocok dengan anda, maka segera cara lain yang layak anda coba.

Sumber

  1. http://teknologi.metrotvnews.com/tips-trik/4KZOArEN-anda-bisa-main-game-android-di-pc-begini-caranya
  2. https://jalantikus.com/tips/cara-main-game-android-di-pc-laptop-tanpa-lag/

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *