Penyebab Ingus Berdarah dan Cara Mengatasinya

Ingus berdarah memang terlihat menakutkan. Di masyarakat sendiri, kondisi ini lebih dikenal dengan sebutan mimisan. Selama tidak sering terjadi, sebenarnya mimisan tidak perlu anda khawatirkan. Namun jika penyebab ingus berdarah ternyata bukan berasal dari mimisan, sebaiknya segera periksakan secara medis.

Inilah 7 Penyebab Ingus Berdarah

Penyebab Ingus Berdarah
Penyebab Ingus Berdarah | Thepen

Namun berbeda cerita jika memang mimisan atau ingus berdarah terjadi setiap waktu dan berlangsung sangat lama. Umumnya penyebab ingus berdarah atau mimisan disebabkan karena cedera atau kecelakaan. Tetapi juga ada penyebab lain yang membuat ingus berdarah ini terjadi, yaitu:

  1. Hidung mengalami iritasi
  2. Reaksi dari alergi
  3. Hidung mengalami luka
  4. Infeksi daluran pernapasan atas
  5. Tekanan darah tinggi
  6. Pembekuan darah
  7. Iritasi dari zat kimia.

7 Cara Mengatasi Ingus Berdarah

Terlepas apapun penyebabnya, anda perlu segera melakukan penganan sendiri jika mengalami hal ini bukan? Salah menangani tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. untuk itu, penting bagi anda mengetahui bagaimana pertolongan pertama ketika ingus berdarah:

  1. Duduklah dengan tegak dengan posisi kepala berada lebih tinggi dari jantung
  2. Condongkanlah badan anda ke arah depan sedikit dengan posisi kepala tidak menengadah. Kemudian tiup pelan gumpalan darah keluar dari hidung
  3. Selanjutnya cubit bagian lunak dari hidung dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Jangan lupa, berilah sedikit telanan sambil terus mencubit hidung. Selama melakukan hal tersebut, anda bisa bernapas melalui mulut
  4. Lakukan dan tahan selama 5-10 menit dan ulangi sampai darah berhenti
  5. Kompres hidung dan area pipi anda dengan menggunakan es batu yang sebelumnya telah dibungkus menggunakan kain
  6. Hindari menyumpal hidung dengan menggunakan tisu atau kapas
  7. Menggunakan obat semprot khusus sebagai solusi pertolongan pertama

Penyebab Hidung Berdarah Sebelah

Sebenarnya, penyebab hidung berdarah sebelah ini tidak jauh berbeda dengan penyebab ingus berdarah pada point pertama. yaitu, disebabkan karena hidung terlalu kering, mengalami iritasi karena anda terlalu menggosok, atau mengorek hidung secara berlebihan, lubang hidung mengalami luka, iritasi terhadap zat kimia, akibat alergi, gangguan pembekuan darah, tekanan darah tinggi, sampai paling parah disebabkan karena kanker.

Cara Mengatasi Ingus Bercampur Darah pada Anak

Ingus Bercampur Darah pada Anak
Ingus Bercampur Darah pada Anak | Thepen

Mengatasi ingus bercampur darah tentu akan sangat berbeda dibandingkan dengan mengobati ingus berdarah pada anak-anak. Dalam hal ini, pemberian obat haruslah tepat karena akan sangat mempengaruhi proses kelanjutan penyakit tersebut. Misalnya dengan cara mengetahui terlebih dahulu penyebab ingus berdarah sebelum memberikan anak obat.

Dalam tindakan medis, anak harus diberikan antibiotik dan beberapa obat yang tujuannya membantu proses kerja antibiotik dan juga untuk mengurangi keluhan yang terjadi. Misalnya seperti dekongestan, antihistamin, mukolitik atau penghancur lendir,dan diperlukan juga obat semprot atau tetes hidung.

Cara Menggunakan Antibiotik untuk Ingus Berdarah

Umumnya antibiotika akan diberikan pada pasien yang mengalami ingus berdarah yang disebabkan karena infeksi bakteri. Pemberian antibiotika ini sendiri bisa dilakukan dengan cara mengetahui jenis bakteri yang menyerang sinus terlebih dahulu. Hal itu disebabkan karena untuk memilih antibiotika sebelumnya anda harus menunggu hasil dari biakan kuman yang biasanya memakan waktu lama. Ada 5 jenis bakteri yang sering menginfeksi sinus. Bakteri-bakteri tersebut antara lain:

  1. Streptococcus pneumoniae
  2. Moraxella catarrhalis
  3. Haemophilus influenzae
  4. Streptococcus pyogenes
  5. Staphylococcus aureus.

Untuk pengobatan sendiri, anda harus memilih antibiotika yang bisa membunuh kelima jenis bakteri tersebut. Dengan jangka pemberian antibiotik selama minimal 10 sampai 14 hari. Adapun beberapa pilihan antibiotika tersebut antara lain, amoxcillin, cefaclor, cotrimoxazole, dan azithromycin.

Penyebab Ingus Berdarah Sinusitis

Sinusitis merupakan salah satu jenis masalah hidung berdarah. Jika di atas telah dijelaskan penyebab ingus berdarah dan cara mengatasinya. Pada point ini, akan membahas masalah hidung berdarah yang lebih condong, yaitu ingus berdarah sinusitis.

Sinusitis adalah gangguan peradangan atau pembengkakan dari jaringan yang melapisi sinus. Umumnya sinus berisi udara, namun ketika sinus tersumbat dan berisi cairan, kuman (yang meliputi virus, jamur, dan bakteri) dapat berkembang dan akhirnya menimbulkan infeksi. Secara klinis, ingus berdarah sinusitis dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Sinusitis Akut
  2. Sinusitis Subakut
  3. Sinusitis kronis
  4. Sinusitis berulang

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *