Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Sebenarnya keputihan merupakan hal yang sangat wajar bagi wanita. Umumnya keputihan akan datang sebelum atau sesudah menstruasi. Namun, keputihan menjadi tidak wajar saat keputihan anda telah menimbulkan tanda-tanda tidak normal seperti gatal, bau, atau warna keputihan berubah.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami
Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami | Thepen

Jika memang telah muncul tanda-tanda keputihan seperti itu. Anda perlu segera mencari cara mengatasi keputihan yang tepat. Salah satu cara yang bisa anda coba yaitu dengan menggunakan bahan alami. Anda percayai atau tidak, terkadang, bahan alami lebih manjur dari pada obat kimia. Untuk menggunaannya pun terbilang mudah, anda tinggal membasuh organ vital menggunakan bahan dasar berikut ini:

  1. Kunyit
  2. Biji fenugreek
  3. Air rebusan daun sirih
  4. Daun sambiloto
  5. Bawang

Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal

Cara Mengatasi Keputihan
Cara Mengatasi Keputihan | Cara Mengatasi Keputihan Tidak Normal

Untuk menghindari penyebaran infeksi ke organ dalam. Anda harus segera mengatasi keputihan jika memang telah menemukan tanda-tanda bahwa keputihan yang anda alami tidak normal. Cara mengatasi keputihan abnormal sendiri bisa anda lakukan dengan cara berikut:

  1. Untuk menjaga agar vagina tetap kering, anda perlu mengganti celana dalam secara rutin. Terlebih jika anda rasa celana dalam telah terasa lembab
  2. Hindari menggunakan celana ketat dan tidak bisa menyerap keringat
  3. Usahakan jangan menggunakan produk pembersih keputihan yang malah akan menyebabkan perubahan keasaan dan keseimbangan bakteri baik dalam vagina anda
  4. Usahakan juga untuk menghindari penggunaan panty liner. Jika memang ingin menggunakannya, pilih panty liner yang tidak mengandung pengharum atau parfum. Dan jangan menggunakannya lebih dari 4-6 jam
  5. Saat akan membasuh vagina. Basuhlah dengan cara memulainya dari arah depan ke belakang
  6. Keringkan menggunakan handuk dengan mengusapnya secara lembut

Cara Mengatasi Keputihan saat Hamil

Selama proses kehamilan, banyak masalah yang akan dihadapi oleh ibu hamil. Seperti masalah keputihan ini. Pada masa kehamilan biasanya ibu hamil akan mengalami keputihan yang sangat banyak. Hal ini disebabkan karena perubahan tubuh wanita saat hamil.

Meskipun wajar, anda tetap perlu mengatasi masalah ini untuk menghindari timbulnya masalah yang lebih buruk. dan berikut ini cara mengatasi keputihan saat hamil:

  1. Ganti celana dalam saat anda rasa area vagina telah terasa lembab
  2. Sebisa mungkin, buat area vagina selalu kering dan bersih. Cara ini, bisa anda lakukan dengan cara rutin mengelap daerah kemaluan dengan menggunakan handuk yang lembut
  3. Bersihkan vagina secara rutin menggunakan air hangat, atau dengan menggunakan produk pembersih vagina yang mengandung povidone-iodine
  4. Hindari mengelap vagina dengan mengguakan tisu yang memiliki kandungan perfum
  5. Hindari juga pemakaian sabun wangi, dan deodoran vagina
  6. Hindari menggunakan dounching saat membersihkan vagina

Cara Menghilangkan Keputihan Secara Alami Tanpa Obat

Cara mengatasi keputihan yang paling bisa anda coba yaitu menggunakan bahan-bahan alami. Cara ini bisa menjadi salah satu cara tepat karena tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk. Adapun bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi keputihan yaitu sebagai berikut:

  1. Cara Mengatasi Keputihan dengan Bawang Putih

Apa anda berfikir bahwa bawang putih hanyalah bumbu dapur yang hanya bisa menyedapkan masakan saja? jika iya, anda harus mengetahui manfaat bawang lain yaitu sebagai bahan alami untuk mengatasi keputihan.

Dalam hal aroma, bawang putih memang memiliki aroma yang tidak sedap. Namun dibalik aroma itu, bawang putih menyimpan khasiat menyembuhkan infeksi jamur yang sering menyebabkan masalah keputihan. Dan berikut cara memanfaatkan bawang putih sebagai obat keputihan:

  • Ambil dan kupaslah satu siung bawang putih, kemudian potong menjadi dua bagian
  • Selanjutnya, letakkan bawang putih tersebut pada daerah vagina sebelum anda tidur
  • Kemudian biarkan hingga pagi hari
  1. Cara Mengatasi Keputihan dengan Daun Sirih

Dibandingkan dengan bawang putih. Daun sering memang lebih populer sebagai obat alami untuk mengatasi keputihan. Untuk pemanfaatannya pun sama-sama mudah. Untuk daun sirih sendiri bisa anda lakukan dengan cara seperti berikut:

  • Ambillah sepuluh helai daun sirih dan cuci dengan bersih
  • Rebus daun sirih menggunakan dua liter air selama kurang lebih lima menit
  • Selanjutnya, tunggu hingga air rebusan daun sirih tersebut menjadi hangat
  • Dan anda bisa langsung menggunakan air rebusan tersebut untuk membasuh area vagina anda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *